Whos amung

Widget by Blogger Tune-Up
Patterned Text Generator at TextSpace.net

MotoGP 2010/2011

Jumat, 27 Januari 2012

Jika Anda merupakan penggemar berat salah satu event balapan motor termegah di dunia, MotoGP, maka Anda datang ke tempat yang tepat. Tentu saja tidak ada tiket gratis nonton atau kesempatan menjajal motor-motor bertenaga luar biasa tersebut di trek terkenal internasional. Anda ternyata memiliki kesempatan untuk merasakan kesemuanya itu melalui sebuah langkah sederhana. Siapkan konsol Anda, persiapkan dana yang tidak terlalu besar, pergi ke toko game, dan belilah sebuah game berjudul MotoGP 2010/2011!

Adrenalin yang mungkin dirasakan oleh para pembalap di trek dengan kecepatan tinggi tersebut dapat Anda rekam melalui game Moto GP 2010/2011. Walaupun game ini terus dirilis per tahun dengan update-update terkini, namun tidak dapat dipungkiri kehadirannya selalu membawa pengalaman yang berbeda. MotoGP 2010/2011 tidak hanya menawarkan sebuah game balap untuk Anda, ia menawarkan lebih.
Anda pasti akan setuju dengan pendapat yang menyatakan bahwa MotoGP 2010/2011 bukanlah sebuah game balap motor biasa. Berbagai kompleksitas yang dihadirkannya membuat game ini lebih cocok untuk disebut sebagai sebuah game simulasi balap dibandingkan balap sederhana layaknya game seperti Need for Speed. Jika boleh digambarkan, MotoGP adalah Gran Turismo untuk kendaraan beroda dua. Memacu kecepatan sekaligus memperhitungkan timing dan akurasi menjadi keseluruhan aspek yang ditawarkan game ini. Jangan melihatnya sebelah mata, MotoGP 2010/2011 benar-benar menantang.

Kompleksitas dan Tantangan

Jika Anda termasuk gamer yang senang memainkan game balap dengan tombol-tombol sederhana, maka disarankan untuk tidak mencoba game ini. Anda mungkin seringkali menemukan game balap yang secara “otomatis” melakukan settingan teknis yang membuat Anda mudah melakukan belokan tajam. Atau Anda termasuk yang menyenangi game-game racing yang membuat Anda dapat memacu kendaraan secepat yang Anda inginkan tanpa banyak halangan? Jika jawaban Anda adalah iya, maka MotoGP 2010/2011 ini harus Anda hindari. Mengapa?
Sebagai sebuah game racing yang didasarkan pada event besar di dunia nyata,  MotoGP 2010/2011 tentu saja memiliki kewajiban untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang tidak jauh berbeda dari balap di dunia nyata. Anda jangan berharap pengalaman yang dihadirkan sama persis, namun boleh dikatakan cukup menggambarkan apa yang dirasakan oleh Rossi dan Stoner ketika mengelilingi track-track sulit tersebut. Tegang, tuntutan konsentrasi tinggi,  perhitungan yang matang, dan pastinya trik trik khusus di setiap tikungan.
Butuh trik khusus untuk sekedar menikung.
Kompleksitas yang dihadirkan MotoGP 2010/2011 memang patut diacungi jempol. Menyebutnya sebagai sebuah game racing belaka akan merendahkan kualitas game ini. Anda harus mulai mengenali game buatan Capcom ini sebagai sebuah game simulasi. Mengapa? Karena Anda tidak hanya menggunakan tombol-tombol sederhana dan sedikit keberuntungan untuk memenangkan setiap trek di game ini. Anda butuh skill dan presisi gerakan untuk melakukannya.
Jangan sekedar mengandalkan kecepatan.
Akibatnya? Main pasir dengan hati gembira.
Seperti pada pengalaman berkendara Anda di dunia nyata, MotoGP juga menyerap hukum aksi reaksi yang sama pada titik kecepatan tertentu. Memacu motor Anda terlalu cepat dan tidak berhasil memperlambat kendaraan pada titik tertentu sebelum tikungan, tentu saja akan membuat gerakan belokan menjadi melebar. Tidak tertutup kemungkinan Anda justru akan berakhir bermain pasir di luar trek dengan tujuan yang tidak jelas. Lantas apa yang membuatnya berbeda dengan game balapan biasa?
Jika pada game tipikal Need for Speed dan sejenisnya, belokan Anda akan dibantu secara otomatis oleh komputer, membuat Anda dapat menikung dengan cukup sempurna seburuk apapun Anda berusaha memperlambat kendaraan. Di MotoGP? Bahkan dalam settingan yang paling mudah sekalipun, Anda akan menemukan hambatan untuk melakukan hal tersebut. MotoGP 2010/2011 memang sudah memberikan guidelines berupa garis hijau dan merah untuk memberi tahu Anda timing yang tepat untuk menikung dan menahan laju dengan cepat dan tepat. Anda pasti akan mencatat waktu yang sempurna jika berhasil mengikutinya. Yang menjadi masalah? Tidak semudah itu untuk bergerak sesuai dengan guidelines yang ada. Jika Anda masih ingin mendapatkan tantangan yang lebih, jangan ragu juga untuk mengubah mode settingan ke yang lebih sulit.
Kustomisasi.
Kustomisasi motor juga menjadi nilai yang dijual oleh series Moto GP selama ini. Anda sebagai gamer memiliki kebebasan untuk melakukan penyeusaian-penyesuaian pada bagian motor dengan cukup detail sebagai elemen personalisasi untuk performa motor. Dengan mengotak-atik hal ini, Anda akan merasakan efek yang secara menakjubkan terasa cukup signifikan. Jika Anda cukup mengerti seluk beluk otomotif, fitur ini pasti akan menarik hati Anda.
Idola Anda?
Trek.
Mot GP 2010/2011 menawarkan cukup banyak mode permainan yang menarik. Bagi Anda yang menyenangi balapan ini di dunia nyata, tentu saja tidak ada yang lebih menggoda selain mengambil peran sebagai pembalap yang Anda idolakan selama ini. Melalui mode World Championship, Anda berkesempatan untuk melakukan hal tersebut. Anda dapat memilih satu dari sekian banyak pembalap professional Moto GP yang popularitasnya sudah mendunia. Pilihlah Rossi, Hayden, Stoner, atau Lorenzo – pilih tim kesukaan Anda, kalahkan setiap trek yang ada, dan menangkan kejuaraan dunia.
Ciptakan pembalap Anda sendiri.
Dari Indonesia dong!
Jika Anda menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang biasa, game ini masih menawarkan tantangan yang lain. Melalu Career mode, Anda berkesempatan untuk menciptakan pembalap Anda sendiri dengan tim dan asal negara yang bisa dipilih. Anda juga dapat menentukan kelas motor yang ingin Anda geluti. Selain itu, aspek yang lain tidak banyak berbeda dibandingkan mode World Championship.

Kualitas Grafis, Pentingkah?

Posturnya tampak aneh.
Selain gameplay yang terhitung menantang, bahkan cenderung sulit, ada satu kekurangan Mot GP 2010/2011 yang mungkin Anda rasakan ketika pertama kali memainkan game ini. Hal tersebut adalah kualitas grafis yang dihadirkan. Sebagai sebuah game yang lahir untuk konsol XBOX 360 dan Playstation 3, MotoGP seharusnya mampu menawarkan visualisasi balapan mendekati dunia nyata. Detail trek dan pembalap tentu menjadi elemen yang memperkuat pengalaman bermain. Namun apa yang dihadirkan oleh Capcom, sayangnya, justru bertolak belakang dengan harapan.
MotoGP 2010/2011 tampil dengan kualitas grafis yang sayangnya pas-pasan, terkesan tidak memaksimalkan kekuatan konsol sama sekali. Tidak ada keunikan posture dan gesture antar pembalap yang berbeda, pencahayaan yang tergolong buruk, detailstrek yang kurang jelas, dan cinematic yang kurang berkesan membuat game ini tampak terlalu biasa, seperti memainkan game ini di konsol generasi sebelumnya! Saya cukup bingung mengapa Capcom melakukan hal ini.
Apakah Anda termasuk yang menyanjung kualitas grafis sebagai elemen yang terpenting dalam bermain game? Atau pengalaman merasakan setiap tantangan yang ada menjadi kunci Anda memilih sebuah game? Di Moto GP kedua poros tersebut sangat bertolak belakang, sebuah ketidaksempurnaan yang tampak begitu jelas. Semua pilihan kembali lagi kepada Anda.

Kesimpulan

Menunggu balapan.
Kehadiran MotoGP 2010/2011 sebagai sebuah game simulasi balap motor MotoGP memang patut diacungi jempol. Kompleksitas dan tantangan yang dihadirkannya tentu akan membuat para penggila balapan motor ini untuk terus menatap layar dan mencoba. Guidelines yang dihadirkan di setiap balapan tentu akan membantu Anda mencapai hasil waktu yang lebih maksimal. Apalagi Anda dapat melakukan kustomisasi sesuka hati untuk mendapatkan performa motor yang Anda impikan.
Salah satu catatan yang paling jelas adalah kualitas grafis yang buruk untuk game sekelas konsol saat ini. Detail dan pencahayaan yang dihadirkan benar-benar mengecewakan, membuat aspek ini sama sekali tidak “terjual”. Tingkat kesulitan yang dihadirkan pun tidak bersahabat dengan para gamer yang ingin mencoba game ini untuk sekedar bersenang-senang. Sebagai game simulasi, keinginan bersenang-senang tersebut hanya akan membawa Anda pada rasa frustrasi yang lebih.
Secara garis besar, MotoGP 2010/2011 adalah game yang wajib dimainkan oleh para gamer yang menyenangi balapan ini di dunia nyata, sekaligus menyukai tantangan ekstra dari sebuah game balap simulasi. Di luar itu, Anda tidak akan menikmatinya.

Kelebihan:

Bersiap!
  • Menghadirkan pengalaman balap yang sesungguhnya.
  • Kelengkapan pembalap dan trek.
  • Simulasi dengan tingkat kesulitan tinggi.
  • Kustomisasi Kendaraan.

Kekurangan:

Kualitas grafisnya mengecewakan.
  • Details dan kualitas grafis yang kurang.
  • Visualisasi yang buruk.
Cocok untuk gamer: Penyuka Moto GP di dunia nyata, yang menyenangi balap simulasi
Tidak cocok untuk gamer: menyenangi balap sederhana ala Need for Speed.

0 komentar:

Posting Komentar