Whos amung

Widget by Blogger Tune-Up
Patterned Text Generator at TextSpace.net

Buffalo MiniStation 1TB USB 3.0

Jumat, 03 Februari 2012

Review Buffalo MiniStation 1TB USB 3.0 Image
Buffalo MiniStation 1TB (PCTU3) merupakan salah satu harddisk portable dengan kapasitas besar (1TB) yang sudah mendukung USB 3.0. Sebagai produk yang memiliki penjualan no.1 di Jepang, tentunya produk ini memiliki fitur yang menarik. Mau tahu apa saja keistimewaan produk ini ?
Mari simak review berikut ini :

Review Buffalo MiniStation 1TB USB 3.0 Image
Bundle yang disertakan oleh produk ini terbilang standar. Berisikan harddisk, buku manual, dan juga kabel USB 3.0 yang akan dipakai untuk menghubungkan harddisk ke komputer. Produk ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :
Review Buffalo MiniStation 1TB USB 3.0 Image
  • Port : USB 3.0 atau 2.0
  • Dimensi : 77 x 114 x 17 mm
  • Berat : 220 g
  • Power Consumption / Speed : Max 2.5W / 4500 RPM.
  • OS : Windows 7 (32/64-bit), Windows Vista (32-64-bit), Windows XP, Mac OS 10.4 keatas
Fitur:
  • Kompatible dengan USB 2.0, sehingga jangan khawatir meskipun Anda masih belum memiliki slot USB 3.0
  • Desain yang langsing dan ringan
  • Plug-n-Play, seperti sebuah flashdisk, harddisk ini bisa langsung ditancapkan dan dipakai
  • USB Powered, Meski memiliki kapasitas yang besar yaitu 1TB (1000 GB), produk ini hanya membutuhkan daya dari USB saja tanpa memperlukan sambungan listrik tambahan.Review Buffalo MiniStation 1TB USB 3.0 Image
Tampilan yang menarik dari harddisk portable ini adalah lampu LED-nya yang terdapat pada bagian depan. LED disini memiliki dua warna yaitu hijau dan biru. Ketika terhubung ke slot USB 2.0, maka LED akan bersinar hijau seperti foto diatas. LED akan berwarna biru jika terhubung dengan USB 3.0.
Review Buffalo MiniStation 1TB USB 3.0 Image
Ketika baru pertama kali membuka harddisk ini, maka kita akan menemukan tiga file berikut. Ketiga file tersebut adalah Tools yang akan menambah keistimewaan harddisk ini. Adapun, harddisk ini sudah dalam keadaan pre-format, sehingga bisa langsung dipakai. Sayangnya masih dalam format FAT32 yang kita ketahui masih memiliki kekurangan tidak bisa menampung file (tunggal) yang besarnya lebih dari 4GB. Untungnya, hal ini diatasi ketika kita meng-install program bawaan (dalam DriveNavi) yang akan mem-format harddisk menjadi NTFS (tidak memiliki batasan selama harddisk belum penuh).
Review Buffalo MiniStation 1TB USB 3.0 Image
Dalam harddisk portable ini terdapat drive bawaan yaitu yang dikemas dalam “DriveNavi” dan juga “slm”. “DriveNavi” berisikan beberapa fungsi yaitu :
  • TurboPC
  • TurboCopy
  • Backup Utility
  • RAMDISK Utility
Fungsi diatas sangat berguna misalkan saja untuk mempercepat proses copy data menjadi hingga 10x lebih cepat dibandingkan cara konvensional. RAMDISK mempunyai keistimewaan juga untuk mempercepat PC Anda.
Review Buffalo MiniStation 1TB USB 3.0 Image
Sedangkan untuk “slm” berisikan utility untuk meng-enkripsi data Anda, sehingga tidak akan bisa dibuka dan disalahgunakan oleh orang lain. Untuk membuatnya, kita cukup mengetikkan nama dari folder penyimpanan yang akan dibuat, menginputkan kapasitasnya, dan kemudian passwordnya. Data Anda pun aman.
Lalu bagaimana jika Anda melupakan password? Apakah itu berarti data Anda tidak bisa dibuka selamanya ? Tenang ada “hint” (kata kunci/bantu) yang akan membantu Anda untuk mengingat passwordnya. Jika Anda selesai melakukan setting, maka Anda akan diminta menunggu prosesnya. Cukup lama memang, sekitar 4menit/4GB. Jadi, jika Anda membuat “brankas” sebesar 20GB, maka Anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit sampai siap digunakan.
Sekian review dari saya, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari harddisk portable.

0 komentar:

Posting Komentar